Belajar Mengenal Bahasa Pemrograman Pascal Dasar

ilmuit.id - Dalam dunia pemrograman banyak sekali bahasa yang dapat kita pelajari salah satunya adalah bahasa pemrograman pascal, bahasa ini bukankah bahasa baru para akademisi mengenalkan bahasa pemrograman pascal kepada pemula  karena lebih mudah untuk di mengerti.

Sebelum melangkah lebih jauh beberapa hal  mengenai dunia pemrograman yang harus di ketahui.

Apa Itu Program Komputer ?

Program komputer adalah perangkat lunak atau software yang sebenarnya merupakan runtutan instruksi-intruksi yang ditulis dalam bentuk kode-kode menggunakan bahasa pemrograman tertentu yang sudah di kompilasi oleh compiler.

Program komputer atau software biasanya di buat untuk tujuan tertentu misalnya : Sistem Akademik, Sistem Penggajian , Sistem Absensi, Aplikasi Sosmed seperti FB, Instagram, Twiter, Pinterest, Youtube dll ..


Macam Macam Bahasa Pemrograman 

Bahasa Pemrograman Desktop adalah pemrograman yang biasanya aplikasinya di gunakan pada komputer stand alone (  PC ), Contohnya :
Desktop : java, C#, C++, C, Visual Basic, Python, Pascal Dll..

Bahasa Pemrograman WEB biasanya aplikasinya berjalan di browser, untuk pemrograman WEB banyak bahas yang harus kita kuasai dan pahami tetapi mengusai pemrograman WEB relatif lebih menyenangkan dan lebih mudah di kuasai contohnya :
WEB : HTML, CSS, JavaScript, XML Dll ..

Bahasa pemrograman server side adalah bahasa pemrograman  yang instruksinya dapat berjalan di server
Server Side : PHP, ASP, JSP, Mysql, Node.js, Raspbeerypi Dll..


Istilah Program, Pemrograman, dan Bahasa Pemrograman
  • Program adalah kumpulan instruksi/perintah yang diberikan kepada komputer untuk melaksanakan tugas tertentu
  • Pеmrоgrаmаn adalah uрауа untuk membuat kоdе-kоdе instruksi/perintah уаng dараt dimengerti оlеh komputer 
  • Bаhаѕа реmrоgrаmаn adalah sarana yang dіgunаkаn untuk mеmbuаt kode-kode іnѕtrukѕі/реrіntаh уаng dараt dіmеngеrtі оlеh kоmрutеr 

Tingkatan Bahasa Pemrograman

Low Level 
Perintah yang diberikan ke komputer dengan bahasa singkat ( Code Mnemonic ) contohnya: SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dll

Middle Level
Pada tingkatan menengah ini instruksi atau perintah kepada komputer menggunakan campuran instruksi dalam bahasa manusia dan juga instruksi yagn bersifat simbolik contoh : {}, ( ), <<, >>, && Dll..

High Level
Bahasa tingkat tinggi adalah bahasa yang menggunakan  instruksi yang berasal dari bahasa manusia seperti : begin, end, if, while, for dll..


Cara Manusia Berkomunikasi Dengan Komputer

Komputer hanya mengerti bahasa mesin (0 dan 1) Sedangkan manusia justru tidak mengerti bahasa mesin

Lalu solusinya bagaimana ???  jawabanya adalah :

Manusia berkomunikasi dan memberikan perintah kekomputer, dengan sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi salah satunya adalah bahasa yang kita pelajari yaitu bahasa pemrograman Pascal.

Untuk menuliskan kode bahasa pemrograman pascal kita membutuhkan sebuah bantuan IDE ( Integrated Development Environment ) untuk memudahkan kita menuliskan kode kode perintah bahasa pascal.

Kode yang kita tulis di editor misalnya free pascal nanti akan  di terjemahkan oleh compiler atau interpreter kedalam bahasa mesin atau bahasa yang dapat di mengerti oleh komputer.

Compiler atau Interpreter sebenarnya sama sama penterjemah bahasa pemrograman tetapi mempunyai perbedaan seperti di bawah ini :

Compiler :

  • Menerjemahkan seluruh instruksi sekaligus 
  • Pembuatan dan pengujian program relatif lama 
  • Program hanya dapat diuji jika benar-benar bebas kesalahan 
  • Proses eksekusi berjalan cepat 
  • Kode program dapat dirahasiakan

Interpreter :

  • Menerjemahkan instruksi baris-berbaris 
  • Pembuatan dan pengujian program cepat 
  • Program dapat langsung diuji meskipun masih ada beberapa kode yang salah 
  • Proses eksekusi berjalan lambat 
  • Kode program tidak dapat dirahasiakan

proses compilasi kode program

Mungkin penjelasan perbedaan antara compiler dan interpreter lebih dapat anda mengerti jika diberikan contoh seperti ini 

Misalnya kita ingin menerjemahkan sebuah bahasa  Inggris dan kita mempunyai dua penterjemah yaitu penterjemah A adalah ( compiler ) dan penterjemah B adalah ( interpreter )

Jika kita menggunakan si penterjemah atau A maka hasil terjemahan akan diinformasikan ke kita setelah dia menterjemahkan seluruh Script bahasa Inggris yang ingin kita terjemahkan 

Jika kita ingin menggunakan penterjemah B maka penterjemah B ini akan menerjemahkan tiap baris per baris, setiap  satu baris di akan memberitahu kita kemudian  baris selanjutnya  di diberitahukan ke kita 

Inilah gambaran mengenai cara kerja compiler dan interpreter.

Sejarah Singkat Pascal

Nama " Pascal " merupakan nama dari penemu bahasa pemrograman pascal  "Blaise Pascal"  ( lahir 19 Juni 1623 dan wafat 19 Agustus 1662 di Paris, Perancis ) Seorang berkenegaraan Perancis  hoby Matematika dan Geometri Proyektif ia seorang matematikawan, Salah satu teori yang ditemukan bersama dengan Pierre De Dermat adalah teori tentang Probabilitas.



Foto Blaise Pascal


Pascal  juga  merupakan salah satu orang yang berpengaruh dalam dunia komputer. Blaise Pascal membangun sebuah mesin aritmatika, Hal ini yang kemudian diperdebatkan sebagai komputer pertama.

Struktur Program Pascal Dan Penjelasannya

Setiap bahasa pemrograman mempunyai struktur penulisan yang berbeda-beda contohnya bahasa pemrograman Java akan berbeda dengan struktur penulisan pemrograman pascal agar lebih mempermudah penulisan program, Hal pertama yang harus kita pelajari adalah mengenai struktur bahasa pemrograman tersebut.

Berikut ini struktur penulisan bahasa pemrograman pascal.


{ judul program }
   program pascal_pertama ;  

{ daftar unit }  
   uses crt;

{ bagian deklarasi }


{ tubuh program }
begin
         <statement-staement>
end.



Aturan penulisan judul :
  • Tidak menggunakan spasi.
  • Tanda penghubung harus berupa garis bawah ( _ )
  • Bukan kata perintah yang ada dalam bahasa pascal
Contoh : program pascal_pertama ;


{ Daftar Unit}
Berisi daftar unit yang akan digunakan di dalam program dan jika menggunakan unit lebih dari satu dibatasi dengan menggunakan tanda koma ( , ).

Contoh : Uses crt, dos;

{Bagian Deklrasi}
Bagian ini berisi deklarasi pengenal maupun data yang  dipergunakan di dalam program. Bagian deklarasi program sangat penting dalam pembuatan program yang panjang, karena bagian ini akan mengingatkan programmer tentang informasi 

Deklarasi variabel / peubah, tipe data, konstanta, fungsi, prosedur yang digunakan dalam program. 


Selain itu, orang lain yang membaca program akan lebih mudah mengerti data apa saja yang ada di dalamnya dan jalannya program dengan melihat deklarasi ini. 


{Tubuh program}

Di dalam tubuh program diawali dengan  ( begin ) dan diakhiri dengan ( end. )  berisi statement-statement  yang akan dieksekusi saat program running.

{Statement}

Statemen merupakan perintah perintah yang ditulis di dalam blog diantara begin dan end.

Pengertian Unit Pascal

unit merupakan modul yang terpisah biasanya digunakan untuk menyimpan proses-proses tertentu yang berkaitan dengan program yang akan dibuat unit biasanya digunakan jika program yang akan dibuat cukup besar, Sehingga program bersifat modular dan mudah untuk dibaca.

Untuk memahami hal ini contohnya adalah penggunaan perintah USES CRT ini berarti kita akan menggunakan unit CRT yang mana di dalamnya terdapat kumpulan fungsi maupun prosedur yang berkaitan dengan pengontrolan layar, keyboard, warna, dan juga suara.


Parameter Program Pascal

Parameter program dalam pascal digunakan untuk melakukan proses proses tertentu, misalnya paramCount dan paramStr, Fungsi paramCount di gunakan untuk mendapatkan jumlah parameter program yang di tuliskan pada saat eksekusi program.

Free Pascal IDE ( Integrated Development Environment )

Untuk mempermudah dalam menulis sebuah kode dan mengembangkan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman tertentu kita dapat menggunakan sebuah IDE seperti Free pascal, Lazarus, Dev Pascal.

kegunaan IDE karena sudah menyediakan berbagai utilitas yang berguna untuk membangun sebuah perangkat lunak diantaranya adalah
  • Editor berguna untuk menuliskan kode atau instruksi yang akan diterjemahkan oleh mesin ke dalam kode program.
  • Debugger berguna memeriksa kode program dan menemukan kesalahan pada code program.
  • Frame / Views berguna unutk menampilkan hasil dari code program yang telah di eksekusi oleh compiler dari IDE tersebut.
  • Compiler berguna untuk menjalankan script kode program yang di tulis di editor dan mengubahnya menjadi bahasa binary yang kemudian akan di tampilkan sesuai instruksi instruksi kode mesin.


Free Pascal IDE ( Integrated Development Environment )


Salah satu editor yang sering digunakan adalah free Pascal di mana ini mempunyai beberapa tab menu File, Edit Search, Run, Compile, Debug, Tools, Option, Windows dan Help dibawah ini penjelasan sub menu free pascal :

File

Menu File mempunyai beberapa sub menu seperti :

  • New : Berfungsi untuk membuat script baru.
  • Nеw frоm template  : Bеrfungѕі untuk membuat ѕсrірt baru dengan kode ѕуntаx dаѕаr. 
  • Open : berfungsi untuk mеmbukа file Pаѕсаl yang tеlаh disimpan sebelumnya.  
  • Reload : berfungsi untuk memuat ulang.
  • Save : untuk menyimpan script yang telah diketik. 
  • Save As : untuk menyimpan script  file baru. 
  • Save All : untuk menyimpan semua script Pascal yang dijalankan.
  • Print : untuk mencetak lembar kerja. 
  • Print setup : untuk mengatur setup printer.
  • Change dir :  untuk merubah direktori aktif. 
  • Exіt : untuk keluar dari арlіkаѕі free Pаѕсаl IDE. 

Edit

Menu Edit  mempunyai beberapa sub menu seperti :

  • Undo : untuk membatalkan perintah terakhir
  • Redo : untuk mengulang perintah terakhir
  • Cut : untuk memotong text 
  • Copy  : untuk mengcopy teks yang diblok 
  • Paste  : untuk menempel teks yang telah di copy ada di cut
  • Clear : untuk menghapus perintah copy dan Cut di clipboard 
  • Select all : untuk mеnаndаі ѕеmuа script di Lembar kеrjа 
  • Unselect : untuk membatalkan tanda pada Script clipboard untuk menampilkan hasil perintah Cut dan copy 
  • Copy to Windows : menyalin 
  • Paste from windows : menampilkan hasil salinan

Search

Menu Search  mempunyai beberapa sub menu seperti :

  • Find : untuk menemukan script
  • Replace : untuk mencari dan menggantikan script 
  • Search аgаіn : untuk mencari script уаng bаru dіgаntі 
  • Go to line number : untuk menuju ke baris tertentu
  • Show last compiled error : untuk menampilkan kesalahan compile 
  • Find error :  untuk menemukan lokasi kesalahan

Run

Menu Run  mempunyai beberapa sub menu seperti :

  • Run : Untuk menjalankan program
  • Step over : untuk mengeksekusi statemen tanpa masuk ke prosedur atau fungsi 
  • Trash into : untuk mengeksekusi perintah setiap baris dengan masuk ke prosedur atau fungsi 
  • Gо tо сurѕоr :  untuk run ѕсrірt ѕаmраі lokasi cursor 
  • Parameters : untuk menampilkan kotak dialog parameter 
  • Prоgrаm rеѕеt : untuk mеngіnіlіѕаѕі dеbuggеr untuk ореrаѕі lаіn 

Compile

Menu Compile  mempunyai beberapa sub menu seperti :

  • Compile : untuk mengecek syntax dan melihat kesalahan syntax
  • Make : untuk mengkompilasi syntax di memori 
  • Build : untuk mengkompilasi pascal 
  • Primary file : untuk member file kunci
  • Clear primary file : untuk menghapus file kunci 
  • Compiler message : untuk menampilkan informasi

Debug

Berguna untuk menguji jalanya script yang di tulis di editor.



Tools

Menu tools berguna untuk menampilkan pesan yang di keluarkan saat compiler, centang output yang anda inginkan.

Option

berguna mengatur aplikasi pascal IDE agar lebih optimal dengan fasilitas-fasilitas yang sudah ada.

Windows

Menu Windows berfungsi untuk mengatur jendela yang tampil di layar dan posisinya
- Tile untuk tampil secara horizontal, 
- Cascade untuk tampilan menumpuk, 
- Close untuk menutup semua script file yang aktif, 
- Size / Move,  
- Zoom 
- Next 
- previous
- Close
-List
- Refresh display

Help

berguna membantu programmer pascal dalam menggunakan aplikasi pascal didalamnya ada sub menu
- Content,
- Indeks untuk menampilkan indeks,
- Topik Search untuk mencari pertopik,
- Previuos topic,
- Using help sebagai petunjuk penggunaan menu help,
- Files,
- About.


Menuliskan Program Pertama Di IDE Pascal

Untuk memmulai kode program pertama kali kita bisa mencoba kode sederhana program pertama kali Di IDE Free Pascal di bawah ini

 {nama program}
program pertamaku;

 {bagian deklarasi : sementara ini abaikan dahulu bagian ini}

 {bagian program utama}
begin
        writeln( 'belajar pascal pemula' );
        readln;
end.

Cobalah Program pertama dengan menjalankan klik RUN di editor free pascal

jika berhasil di running  dan mengeluarkan output maka IDE sudah di install dan berjalan dengan baik.

running program berjalan dengan baik


Hal ini hanya untuk memastikan agar sebelum kita menuliskan kode program yang lebih panjang, jika terjadi  error bukan karena IDE yang kita gunakan .

Penjelasan kode diatas adalah :

program pertamaku;  { adalah sebuah judul program. }

deklarasi { data sementara ini belum ada. }

begin { menandakan awal blok utama }

writeln( 'belajar pascal pemula' );  { perintah output menampilkan " belajar pascal pemula" }

Readln; { menahan sementara agar program tidak menutup}

end. { menandakan akhir progran }


Nah itulah penjelasan tentang sejarah pascal, unit, IDE Free Pascal oleh karean itu  sekian dulu artikel  pengenalan Belajar Mengenal Bahasa Pemrograman Pascal Dasar di bagian selanjutnyaa kita akan belajar bareng tentang apa itu variabel, tipe data, identifier dan constanta.


Reference :
Raharjo, B. Teknik Pemrograman Pascal Revisi Ke tiga. Bandung : Informatika. 2010.
Munir, R. Algoritma & Pemrograman Dalam Bahasa Pascal Dan C. Bandung : Informatika. 2007.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel