Pengertian Array 1 dimensi Dan Cara Penggunaanya

ilmuit.id - array merupakan salah satu teknik pemrograman yang sering muncul apakah array itu ?,  array merupakan sebuah variabel yang dapat menampung data sejenis lebih dari satu data, Hal ini sangat lah efisien dari pada anda harus menggunakan banyak variabel dengan tipe data sejenis lebih baik menggunakan array, Array ada beberapa tingkatan Array 1 dimensi ( vektor ), Array dua Dimensi  ( Matrik ), Array 3 dimensi.

" Array/ larik adalah sebuah variabel yang dapat menyimpan lebih dari satu nilai sejenis (memiliki tipe data sama), setiap elemen diakses secara langsung melalui indeksnya " 

Jika kita melihat gambar di bawah kita akan memcoba membayangkan apakah itu variabel array 1 dimensi. 


array 1 dimensi


Misalkan diatas kita ingin membentuk sebuah variabel array A disini jika kita visualisasikan bahwa sebuah array A adalah lemari maka , setiap lemari mempunyai kotak tersendiri dimana kita bisa menyimpan nilai .

Setiap kotak dapat kita gunakan untuk menyimpan sebuha nilai, Kita menyebutnya nilai elemen  158, 157, 162, 169, 172,  155, 170, 163 . Dan setiap elemen menmpunyai nilai indeks dari 1 - 8, dan jika kita melihat maka nilai elemen mempunyai tipe data sejenis yaitu tipe data integer ( tipe data sama  )

Cara Deklarasi Array 

Array dideklrasikan  di bagain deklrasi sama seperti variabel lainya dengan menggunakan kata kunci ARRAY dan tipe data yang anda tentukan serta batas indeks array yang diapit oleh bracket ( [ ] ) seperti contoh di bawah ini :

namaArray : array [ indeks awal .. indeks akhir ] of tipe data ;

Contoh Penulisan  array A dengan tipe data integer :

A : array [ 1.. 10 ] of integer ; 

Contoh Penulisan  array A dengan tipe data string, real , char :

A : array [ 1.. 10 ] of string ; 

B : array [ 1..5 ] of real ;

D : array [ 1..15 ] of char

Cara Mengakses Elemen Array 

Cara unutk mengaksesnya adalah dengan  menyebutkan indeks tiap elemen yang akan di simpan atau di ambil nilainya penulisanya seperti di bawah ini :

namaarray [indeks] := nilai ;

contoh  :

var 
      Z : array [ 1 ..10 ] of integer ;
begin 
       Z [1 ] := 5 ;
       Z [2 ] := 4;
       Z [3] := 7 ;
       ......
       Z [10 ] := 10 ;
end.

Disini kita akan melakukan pengisian nilai kedalam variabel array Z oleh karena itu  kita pun harua menyertakan indeks, Indeks disini untuk menentukan dimana kita akan menyimpan nilai tersebut.

misal Z [ 4 ] := 50 ; disini berarti kita akan mengisi nilai 50 kedalam varibel array Z dengan no indeks 4 .

Cara Penggunaan Array di Program Pascal 

Lebih jelasnya lihat contoh gambar program di bawah ini   jika kita tidak menggunakan variabel array :

program tidak menggunakan variabel array


Untuk memasukan nilai yang sejenis kedalam sebauh variabel jika tidak menggunakan array kita memerlukan banyak varibel nilai1 , nilai2 , nilai3, nilai 4 . unutk menampung data / nilai yang akan kita masukan atau manipulasi. 

Hal ini bisa saja di lakukan jika data atau nilai yang akan kita manipulasi sedikit tetapi jika kit aakan memasaukan banyak data / nilai lebih dari 10 maka kita pun harus menyiapkan variabel sesuai dengan banyak data dan hal ini cukup merepotkan.

Perhatikan gambar program menggunakan variabel array :

program menggunakan variabel array


Di gambar diatas kita menyiapkan sebuah variabel array bernama nilai dengan batasan indeks 0 - 9 dengan tipe data integer.

Untuk memasukan nilai kedalam array nilai maka kita harus menyertakan nilai indeks misalnya seperti diatas  nilai 23 kita masukan kedalam variabel array nilai dengan indeks 3. ( nilai [3] := 23; ).

Begitupun jika anda ingin memanggil data atau mencetak data nilai didalam variabel array maka anda harus menyertakan indeks tempat nilai atau data tersebut berada :

writeln ( 'nilai 2 : ',nilai [2] ) ;

dengan kode diatas maka akan mencetak nilai yang berada pada variabel array nilai dimana  data disimpan pada indeks kedua [2].


Note : Out of Range 
Jika anda memasukan nilai data misal 5 kedalam variabel array nilai dimana indeks melebihi nilai [ 15 ] maka in idisebut out of range karena nilai batas awal dan batas akhir sudah di tentukan hanya dari 0 sampai 9 / [ 0..9 ] . maka array tidak mempunyai alamat tersebut.


Contoh Penggunaan array dengan tipe data string 





Untuk menggunakna tipe data string seperti diatas kita hanya tinggal mengganti tipe data seperti berikut " of string[ 20 ] .

Pada gamabr diatas menggunakan indeks yang tidak rapi dimulai dari angka [24] hal ini tidak menjadi masalah selama tidak out of range indeks array yang sudah kita tentukan.

Tanda bracket di belakang string[20], dapat anda gunakan  jika anda ingin membatasi berapa jumlah kalimat yang akan muncul 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel