Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Part 6 STUDI GERAKAN (Analisa 17 gerakan oleh GILBRETH) dan EKONOMI GERAKAN

Part 6 STUDI GERAKAN (Analisa 17 gerakan oleh GILBRETH) dan EKONOMI GERAKAN
Part 6 STUDI GERAKAN (Analisa 17 gerakan oleh GILBRETH) dan EKONOMI GERAKAN

Studi Gerakan 

Studi gerakan adalah analisa yang dilakukan terhadap beberapa gerakan bagian badan pekerja dalam menyelesaikan pekerjaannya

Tujuannya adalah agar yang tidak efektif dapat dikurangi /dihilangkan sehingga dapat menghemat waktu kerja dan dapat menghemat pula pemakaian alat /fasilitas tersedia.

Untuk memudahkan analisa harus difahami dahulu tentang 17 gerakan dasar

Tokoh yg meneliti Gerakan Dasar secara mendalam adalah Frank B. Gilberth beserta istrinya. Dia membagi 17 gerakan dasar atau elemen gerakan yang dinamai THERBLIG

Suatu pekerjaan utuh menurut Gilberth dapat diurakan jadi 17 therblig (gerakan dasar ) sbb. :


1.Mencari (Search) =Sh
2.Memilih (Select) = ST
3.Memegang (Grasp) = G
4.Menjangkau (reach) = RE
5.Membawa (move) = M
6.Memegang untuk memakai (Hold) = H
7.Melepas (Released Load) = RL8.Mengarahkan (Position)= P
9.Pengarahan sementara (Pre position) = P

10.Memeriksa (Inspection) = I
11.Merakit (Asemble) = A
12.Lepas rakit (Deassemble)=DA
13.Memakai (Use) = U
14.Kelambatan tak terhindar (Unavodable Delay ) = UD
15.Kelambatan dapat dihindari (Avoidable Delay) = AD
16.Merencanakan (Plan) = Pn
17.Istirahat menghilngkan capek (Rest to overcome fatique) = R

1. Gerakan mencari (Search =SH)

Gerakan mencari (Search =SH)

Gerakan mencari (Search =SH)

 

  • Merupakan gerakan dasar dari pekerja untuk menentukan lokasi obyek
  • Gerakan Mencari dimulai pada saat mata bergerak mencari obyek dan berakhir pada saat obyek sudah ditemukan
  • Mencari merupakan gerakan yang tidak efektif dan dapat dihindarkan dgn penyimpanan obyek di tempat yg tetap
  • Tujuan penganalisaan therblig dari kegiatan “mencari” adalah untuk menghilangkan gerak yang tak perlu
  • Tujuan lainnya memudahkan pekerja baru menyesuaikan diri untuk mengenali tempat penyimpanan bahan/alat kerja

"Pertanyaan" yang dapat diajukan untuk mengurangi waktu therblig mencari
  • Sudah jelaskah ciri-ciri obyek yang akan diambil ?
  • Sudah tetapkah tempatnya ?
  • Dapatkah dipakai tempat yang tembus pandang ?
  • Apakah susunan tata letak sudah yang terbaik untuk mengurangi gerak mencari ?
  • Apakah kebutuhan cahaya sudah terpenuhi ? 

 2. Gerakan (Therblig) Memilih

  •  Memilih merupakan gerakan untuk menemukan obyek yang tercampur
  • Tangan dan mata adalah bagian tubuh yang digunakan untuk memilih
  • Therblig ini dimulai dari saat tangan dan mata mulai memilih, dan berakhir bila obyek sudah ditemukan
  • Batas antara mulai memilih dengan akhir mencari agak sulit ditentuka
  • Gerakan memilih merupakan gerakan yang tidak efektif & perlu dihindarkan
  • Ex: pilih pulpen diantara bbrp pensil 
"Pertanyaan" yang bisa diajukan untuk mengurangi elemen gerakan memilih

  • Apakah obyek-obyek yang berbeda ditempatkan di tempat yang sama ?
  • ´Dapatkah permukaan wadah diperluas
  • Dapatkah dipakai tempat yang tembus pandang 

3. Gerakan Memegang ( Grasph )

Gerakan Memegang ( Grasph )

Gerakan Memegang ( Grasph )

 


  • Gerakan ini biasanya didahului oleh gerakan menjangkau dan dilanjutkan dengn gerakan membawa
  • Therblig ini merupakan gerak yang efektif dari suatu pekerjaan dan meskipun sulit untuk dihilangkan, namun untuk beberapa keadaan masih bisa dikurangi
 "Pertanyaan" yang bisa diajukan untuk memperbaiki elemen "memegang" (1)

"Pertanyaan" yang bisa diajukan untuk memperbaiki elemen "memegang" (1)
 "Pertanyaan" yang bisa diajukan untuk memperbaiki elemen "memegang" (1)

  1. Dapatkah beberapa obyek dipegang sekaligus ?
  2. Dapatkah permukaan wadah ditumpulkan digelincirkan ?
  3. Dapatkah bibir tempat penyimpanan dirancang sdmk rupa sehingga dapat memudahkan gerakan ini ?
  4. Dapatkah obyek yang akan dipegang diletakkan sedemikian rupa sehingga memudahkan usaha pemegangan ?

  "Pertanyaan" yang bisa diajukan untuk memperbaiki elemen "memegang" (2)




5.Dapatkah obyek tersebut digelincirkan ?
6.Dapatkah permukaan tempat meletakkan obyek yang akan dipegang dirancang sdmk rupa shg memudahkan pemegangan ?
7.Dapatkah dipakai peralatan bantu untuk memegang ?
8.Dapatkah dipakai magnit utk membantu memegang obyek 

4. Gerakan Menjangkau (Reach)

  • Therblig menjangkau adalah gerakan tangan berpindah tempat tanpa beban, baik gerakan mendekati maupun menjauhi obyek. 
  • Therblig ini dimulai pada saat tangan mulai berpindah dan berakhir pada saat tangan sudah berhenti 
  • Seperti halnya gerak memegang, gerakan menjangkau sulit dihilangkn dari siklus kerja, yg masih mungkin adalah mengurangi waktunya saja. 


5. Gerakan Membawa (Move)


  • Elemen gerakan membawa adalah gerakan menjangkau dengan tangan yang dibebani
  • Therblig ini dimulai & berakhir pada saat yang sama dengan gerakan menjangkau
  • Faktor-faktor berpengaruh pada waktu geraknya adalah hampir sama dengan menjangkau yakni jarak pindah, juga kadang dipengaruhi oleh mata
  • Pengaruh lain adalah berat beban yang dibawa oleh tangan 
“Pertanyaan” untuk pedoman memperbaiki gerakan "menjangkau" dan "Membawa"
  • Dapatkah jarak tempuh dikurangi?
  • Apakah cara terbaik sudah dipakai?
  • Apakah anggota badan yang digerakkan sudah tepat ?
  • Dapatkah waktu dikurangi dengan mengangkut sekaligus (banyak) ?
  • Dapatkah perubahan arah gerak dihindari ?
  • Dapatkah obyek digelincirkan ? 

6. Gerakan Memegang untuk Memakai (Hold)


  • Memegang untuk memakai adalah memegang tanpa menggerakkan obyek yang dipegang tersebut
  • Perbedaannya dgn memegang adalah pada perlakuan obyek yg dipegang.
  • pada "memegang" pemegangan dilanjutkan dgn membawa.
  • Therblig ini merupakan gerak yang tidak efektif sehingga perlu dihilangkan /dikurangi.
"Pertanyaan" sebagai pedoman memperbaiki gerakan memegang untuk memakai

  • Dapatkah pemegangan dilakukan oleh peralatan ?
  • Dapatkah diusahakan penyangga tangan ?
Contoh-contoh therblig ini adalah :
  • Pekerjaan perakitan, satu tangan memegang untuk memakai dan satu tangan lagi melakukan pekerjaan untuk memasang
  • Pekerjaan memasang buah kancing yg mana tangan kiri tak bergerak (pegang kancing), tangan kanan bekerja menggerakkan jarum 

7. Gerakan melepas (Release) 

  • Elemen gerak ini terjadi bila pekerja melepaskan obyek yang dipegangnya
  • Gerakan ini terjadi relatif singkat bila dibanding gerak lainnya.
  • Therblig ini mulai pada saat pekerja mulai melepaskan obyek dari tangannya dan berakhir di saat jari sudah tak menyentuh obyek lagi
"Pertanyaan" sebagai pedoman untuk memperbaiki gerakan "melepas"

  • Dapatkah gerakan ini disatukan dengan gerakan membawa ?
  • Apakah tempat obyek setelah dilepas telah dirancang dengan baik?
  • Apakah setelah melepas beban, tangan /alat sudah dioperasikan kembali ? 
  • Dapatkah digunakan peralatan untuk melepas ?

8. Gerakan Mengarahkan (Position)

  • Therblig ini merupakn gerak mengarahkn suatu obyek pada suatu tempat tertentu
  • Gerakan ini biasanya dimulai dari gerak mengangkut, diikuti oleh gerak merakit
  • Gerakan ini dimulai sejak tangan mengendalikan obyek (misal, memutar), menggeser ke tempat yg diinginkan dan berakhir pada saat gerak merakit mulai
  • Waktu utk mengarahkn juga terpengaruh kerja mata, karena selama mengarahkn mata terus mengontrol agar obyek dapat ditempatkan sesuai tujuan 
"Pertanyaan" yang bisa dipakai untuk pedoman perbaikan gerakan mengarahkan
  • Apakah pengarahan diperlukan?
  • Apakah obyek yang akan dipegang telah diletakkan sedemikian rupa sehingga memudahkan pengambilan?
  • Dapatkah dipakai alat bantu sebagai penuntun obyek yang akan ditempatkan? 

9. Gerakan (Therblig) "Mengarahkan Sementara" (Preposition)

  • Therblig ini merupakan elemen gerak mengarahkan pada suatu tempat sementara
  • Tujuannya untuk memudahkan pemegangan apabila obyek tersebut akan segera dipakai dengan harapan elemen "mengarahkan" diharapkan berkurang (Why?)
  • Therblig ini sering terjadi bersama therblig lainnya seperti "mengangkut & melepas"
  • Sebagai gambaran adalah gerakan orang yang akan menulis, dimulai dari menjangkau mengambil pulpen, sampai mengembalikan pulpen itu ke tempat semula (pen holder)
Uraian gerak dapat diuraikan pada tabel berikut :

Uraian Langkah Mengarahkan Sementara
Uraian Langkah Mengarahkan Sementara

10. Gerakan “Pemeriksaan” (Inspec)



  • Elemen ini merupakan pekerjaan memeriksa obyek utk mengetahui apakah obyek telah sesuai standar
  • Therblig ini dapat berupa gerakan melihat seperti misalnya memeriksa warna, meraba untuk memeriksa kehalusan permukaan, mencium, mendengarkan, kadang merasakan (mencicipi) dengan lidah.
  • Lamanya gerakan ini tergantung dari kecepatan operator untuk menemukan perbedaan antara obyek dgn standar yg dibandingkan 

"Pertanyaan" sebagai pedoman untuk memperbaiki gerak "memeriksa"
  • Dapatkah gerakan tersebut dilakukan sekaligus bersamaan dengan therblig yang lain ?
  • Dapatkah dipakai suatu alat yg dapat memeriksa beberapa obyek sekaligus?
  • Apakah penambahan cahaya dapat mempercepat pemeriksaan ?
  • Apakah jarak obyek yang diperiksa sudah tepat dari mata operator ?
  • Apkah dapat dipakai alat bantu atau atau menggantikan bagian tubuh untuk pemeriksaan ?




11 & 12 Gerak Perakitan (asemble) dan gerak Lepas rakit ( diasemble)


Gerak perakitan adalah gerak untuk menggabungkan dua obyek atau lebih agar jadi satu kesatuan ( gerak ini biasanya didahului oleh therblig membawa atau mengarahkan, kemudian dilanjutkan dengan therblig melepas

Gerak lepas rakit adalah kebalikan gerak perakitan, dengan tujuan memisahkan dua obyeh /lebih yg telah menyatu (Gerak ini biasanya didahului oleh memegang, kemudian dilanjutkan dengan melepas). Jadi dimulai dari memegang obyek dilanjutkan dengan usaha memisahkan obyek dan berakhir pada saat obyek telah terpisahkan



13. Gerak "Memakai" (Use)


  • Gerak memakai adalah gerak satu tangan / kedua tangan untuk menggunakan alat
  • Lamanya gerak ini tergantung dari jenis pekerjaannnya dan juga ketrampilan pekerjanya
"Pertanyaan" yg bisa dipakai sbg pedoman untuk perbaikan gerak "Merakit" "Lepas rakit" & "Memakai"



  • Dapatkah dipakai perkakas pembantu ?
  • Dapatkah aktifitas pekerjaan dilakukan oleh peralatan secara otomatis ?
  • Dapatkah melakukan perakitan dengan beberapa unit sekaligus ?
  • Apakah peralatan telah dijalankan secara efisien ? ex; pd mesin bubut Feeding (ingsut) & kecepatan sdh sesuai ?

14. Kelambatan Tak terhindarkan (Unavoidable Delay)

Adalah kelambatan yang diakibatkan hal-hal yang tak dapat dihindari dan di luar lkemampuan pekerja Contoh :

Operator mesin drill, sesuai ketentuan cara kerja (sbgmn sifat pekerjaannya) hanya memungkinkan satu tangan bekerja

Gangguan-gangguan seperti padamnya listrik, rusaknya alat-alat dll

Perbaikan pada kelambatan ini dapat dikurangi dengan perbaikan pada proses operasi


15. Kelambatan dapat dihindarkan (Avoidable Delay)

Adalah kelambatan yang muncul sebagai akibat adanya hal-hal tertentu dari pekerja selama berlangsungnya pekerjaan

Misalnya pekerja sakit, merokok atau stres dan lain-lain

Untuk mengurangi kelambatan ini harus diadakan perbaikan oleh pekerjanya sendiri tanpa harus merubah proses operasinya


16. Merencana (Plan)

Adalah proses mental ( pikiran ), dimana operator berpikir untuk menentukan tindakan yang akan diambil selanjutnya. Waktu untuk therblig ini lebih sering terjadi pada pekerja baru.


17. ISTIRAHAT (Rest to Overcome fatique)

Waktu yang dibutuhkan untuk memulihkan lagi kondisi badannya dari rasa fatique sebagai akibat kerja yang berbeda-beda, tidak saja jenisnya tapi juga individu pekerjanya

Pertanyaan untuk Perbaikannya :

  • Anggota tubuh yang digunakan sudah tepat ?
  • Apakah temperatur, kelembaban, kebisingan dan kondisi kerja yang lain telah memuaskan ?
  • Apakah ukuran kursi & meja telah sesuai dengan pekerja ?
  • Apakah posisi kerja terbaik telah ditentukan?
  • Apakah gizi makanan dari pekerja telah mencukupi ?

 

EKONOMI GERAKAN

Prinsip-prinsip ekonomi gerakan: Jarak yang terjauh akan memerlukan waktu dan tenaga lebih besar dan lebih lama jika obyek berpindah dari suatu titik ke titik tertentu.







A. Prinsip-prinsip ekonomi gerakan dihubungkan dengan tubuh manusia dan gerakannya
  1. Kedua tangan sebaiknya memulai dan mengakhiri gerakan pada saat yang sama
  2. Kedua tangan sebaiknya tidak menganggur pada saat yang sama kecuali pada waktu istirahat
  3. Gerakan kedua tangan akan lebih mudah jika satu terhadap lainnya simetris dan berlawanan arah
  4. Gerakan tangan atau badan sebaiknya dihemat, misalnya : Gerakan Jari, Gerakan jari dengan telapak tangan, Gerakan jari telapak tangan, tangan bagain depan dan lengan atas dan bahu
  5. Sebaiknya para pekerja dapat memanfaatkan momentum untuk membantu pekerjaannya, pemanfaatan ini timbul karena berkurangnya kerja otot dalam pekerja.
  6. Gerakan yang patah-patah, banyak perubahan arah akan memperlambat gerakan.
  7. Gerakan balistik akan lebih cepat, menyenangkan dan lebih teliti dari pada gerakan yang dikendalikan.
  8. Pekerjaan sebaiknya dirancang semudah-mudahnya dan jika memungkinkan irama kerja harus mengikuti irama yang alamiah bagi sipekerja.
  9. Usahakan sesedikit mungkin gerakan mata 

b. Prinsip-prinsip ekonomi gerakan dihubungkan dengan pengaturan tata letak tempat kerja


1.Sebaiknya diusahakan agar badan dan peralatan mempunyai tempat yang tetap

2.Tempatkan bahan-bahan dan peralatan ditempat yang mudah, cepat dan enak untuk dicapai

3.Tempat penyimpanan bahan yang akan dikerjakan sebaiknya memanfaatkan prinsip gaya berat sehingga badan yang akan dipakai selalu tersedia ditempat yang dekat untuk diambil

4.Sebaiknya untuk menyalurkan obyek yang sudah selesai dirancang memanfaatkan daya guna gerak grafitasi

5.Bahan-bahan dan peralatan sebaiknya ditempatkan sedemikian rupa sehingga gerakan-gerakan dapat dilakukan dengan urut-urutan berbalik


Posisi penempatan suatu elemen gerak dalam satu siklus kerja mungkin dapat berpengaruh pada waktu penyelesaian kerja secara keseluruhan. Sebagai contoh, perhatikan 2 pernyataan berikut :

  • Waktu yang diperlukan untuk elemen gerak menjangkau biasanya akan lebih lama bila dijalankan mengikuti gerak memilih dibandingkan bila untuk mengikuti gerak memegang suatu obyek yang sudah diarahkan sementara 
  • Bila gerak membawa diikuti oleh mengarahkan waktunya biasanya akan menjadi lebih lama karena dalam gerakan ini terdapat persiapan mental untuk mengarahkan obyek yang dibawanya



6.Tinggi tempat kerja dan kursi sebaiknya sedemikian rupa sehingga alternatif berdiri atau duduk dalam menghadapi pekerjaan merupakan suatu hal yang menyenangkan.

7.Tipe tinggi kursi harus sedemikian rupa sehingga yang mendudukinya bersikap (mempunyai postur) yang baik

8.Tata letak peralatan dan pencahayaan sebaiknya diatur sedemikian rupa sehingga dapat membentuk kondisi yang baik untuk penglihatan

c. Prinsip-prinsip ekonomi gerakan dihubungkan dengan perancangan peralatan


1.Sebaiknya tangan dapat dibebaskan dari semua pekerjaan bila penggunaan dari perkakas pembantu atau alat yang dapat digerakan dengan kaki dapat ditingkatkan

2.Sebaiknya peralatan dirancang sedemikian agar mempunyai lebih dari satu kegunaan.

3.Peralatan sebaiknya dirancang sedemikian rupa sehingga memudahkan dalam pemegangan dan penyimpanan

4.Bila setiap jari tangan melakukan gerakan sendiri-sendiri, misalnya seperti pekerjaan mengetik. Beban yang didistribusikan pada jari harus sesuai dengan kekuatan masing-masing jari

Post a Comment for "Part 6 STUDI GERAKAN (Analisa 17 gerakan oleh GILBRETH) dan EKONOMI GERAKAN"