Widget HTML Atas

Algoritma 2 : Pengertian Procedure Dan Penerapan Dalam Bahasa Pascal

ilmuit.id - Pengetian procedure adalah serangkaiayan aktifitas / tindakan  yang dilakukan secara spesifik sesuai dengan yang sudah di tetapkan agar hasil yang di peroleh tetap sama dari keadaan yang sama.Banyak procedure yang sudah kita ketahui misalnya, Procedure keselematan kerja, Procedure masuk perguruan tinggi, Procedure kesehatan, Procedure naik pesawat dll...

Agar bisa mendapatkan suatu tujuan dari sebuah aktifitas anda harus harus mengikuti sebuah procedure yang berlaku dengan tertib dan benar.

Baca Juga : Algoritma 2 : Pembahasan Tentang Larik / Array 1 dimensi


Contohnya kegiatan yang terjadi di kampus yang terjadi tiap semester  “ MHS awal semester wajib melakukan pendaftaran ulang ( registrasi )". Langkah langkah proses  pendaftaran ulang dinyatakan dalam sebuah prosedur yang dinamakan prosedur pendaftaran ulang contoh :

Prosedur pendaftaran ulang :
  • Ambil form pendaftaran  dan isi form
  • Lakukan pembayaran daftar ulang
  • Isi krs beserta minta verification pembimbing akademik
  • Serahkan ke TU
  • Selesai
Dan pembahasan kita kali ini di dalam dunia pemrograman, dimana pengertian  prosedur adalah modul yang mengerjakan tugas / aktifitas yg spesifik.

Jika sebuah  procedure daftar ulang di eksekusi, Maka semua proses, intruksi-intruksi di dalamnya di lakukan satu persatu

MHS BelumTerdaftar

Ambil KHS

Isi KRS

Minta TTD Dosen Pembimbing Akademik

Serahkan BAAK 

Done

Procedure Didalam Programming

Prosedur adalah suatu program terpisah mempunyai blok sendiri yang berfungsi sebagai subprogram (program bagian). Diawali dengan kata “Procedure” didalam bagian deklarasi prosedur. Prosedur
banyak digunakan pada program yang terstruktur karena :  
  • Merupakan penerapan konsep program modular, yaitu memecah - mecah   program yang rumit menjadi program-program bagian yang lebih  sederhana dalam bentuk prosedur-prosedur.
  • Untuk hal-hal yang sering dilakukan berulang-ulang, cukup   dituliskan sekali saja dalam prosedur dan dapat dipanggil atau dipergunakan sewaktu-waktu bila diperlukan.

Dicontohkan dengan sebuah bagan di bawah ini :

Bagan Procedure Didalam Programming
Gambar 2 : Procedure Didalam Programming

Pendefinisan prosedur artinya :
  • Menuliskan nama prosedur
  • Mendeklarasikan nama-nama , konstanta, peubah, dan tipe data jika ada
  • Dan menjalankan rangkaiyan instruksi jika ada
Prosedur merupakan bagian yang terpisah dari program dan dapat gunakan dimanapun di dalam program.

Kata Kunci "Procedure" digunakan sebagai judul dari bagian deklarasi prosedur, diikuti oleh identifier yang merupakan nama dari prosedurnya dan secara optional dapat diikuti oleh kumpulan parameter yang diakhiri dengan titik koma.

HEADER PROCEDURE

Sebagaimana  halnya  sebuah  program,  suatu  procedure  juga  memiliki  header  dan  block. Perbedaan bentuknya dengan program hanyalah pada bagian header-nya saja. Bentuk Umum header suatu procedure adalah :   

          PROCEDURE nama;

 Atau  
          PROCEDURE nama (formal parameter : jenis); 

Jika kita menggunakan procedure dalam suatu program, maka procedure tersebut harus dituliskan pada bagian deklarasi.

Format Penulisan Procedure dalam Pascal :

Program Judul_Program ;
Procedure Judul_Procedure ;
begin
        statement  procedure ;
        statement  procedure ;
        statement  procedure ;
end;

Begin
        statement program utama;
        statement program utama;
        statement program utama;
end.

Contoh Procedure Dalam Pascal :

Contoh Procedure Dalam Pascal
Gambar 2 : Contoh Procedure Dalam Pascal 

Letak Penyimpanan & Jenis Subprogram

Letak Penyimpanan dapat di taruh dalam file yang sama dengan program atau terpisah pada file tersendiri atau pada pemrograman lain disebut modul lain atau class . kenapa harus terpisah biasanya procedure atau function di pisahkan agar mudah dalam memaintenance sebuah program yang besar dan compleks.


Tipe Subprogram ada dua :
  • Procedure 
  • Function  
Perbedaan procedure dan function terletak pada pengembalian nilai, Pada procedure tidak ada pengembalian nilai sedangkan pada function ada pengembalian nilai di bab selanjutnya akan lebih jauh di bahas tentang ini.

Pengertian Jangkauan Identifier Variabel Lokal & Global

Variabel Lokal Dideklarasikan dalam subprogram, Hanya dikenali  dalam sebuah subprogram, tidak dapat dipanggil, diakses dan diubah oleh subprogram yang lain, bahkan oleh program utama

Variabel Global Dideklarasikan dalam program utama, dapat dipanggil, diakses dan diubah oleh subprogram apapun yang terdapat dalam program tersebu.

Sahabat jangkauan  identifier yang di deklarasikan didalam sebuah program hanya berlaku pada blok dimana identifier itu di deklarasikan.

Pengertian Jangkauan Identifier, Variabel Lokal & Global
Gambar 3 : Pengertian Jangkauan Identifier, Variabel Lokal & Global


































Parameter Dalam Sebuah Subprogram

Parameter merupakan suatu nilai atau refrensi yang dilewatkan kedalam subprogram / rutin tertentu dan kehadiranya akan mempengaruhi proses maupun nilai yang terdapat di dalam subprogram itu sendiri.Parameter di bedakan menjadi dua :

  • Parameter formal adalah parameter yang ada pada blok  procedure / fungsi.
  • Parameter actual adalah parameter yang ada di  pemanggilan procedure/fungsi.

Contoh Parameter Actual dan Formal

Contoh Parameter Actual dan Formal
Gambar  4 : Contoh Parameter Actual dan Formal

Cara Melewatkan Data Melalui Parameter

Didalam bahasa pemrograman pascal ada beberapa cara untuk melewatkan / pasing nilai kedalam sebuah subprogram procedure atau function.

Melewatkan Data By Value / Nilai 

Parameter yang dikirimkan secara nilai, maka parameter formal yang ada di prosedur akan berisi nilai yang dikirimkan yang kemudian bersifat lokal di prosedur.

Pada cara ini terjadi proses copy nilai kedalam sub procedure dan  procedure menggunakan nilai hasil copy  bukan nilai aslinya . Maka nilai ( i ) awal tidak akan berubah karena datanya di copy masuk dalam variabel  formal maka ketika variabel i akan di gunakan kembali maka varibel i akan tetap nilainya seperti semula. Penjelasan visual terlihat seperti dibawah ini 

Melewatkan Nilai By Value / Nilai
Gambar 5 : Melewatkan data by value

Contoh Program Sederhana di bawah ini menggunakan bahasa pacal semoga setelah anda mempraktekanya dapat lebih mengerti tentang melewatkan parameter By Value / Nilai, Ingat di praktekan jangan cuma dilihat agar lebih meresap kesanubari ( : V ).


program pascal Melewatkan Data By Value / Nilai
Gambar 6 : Program Pascal Melewatkan Data By Value / Nilai
Dari hasil program gambar 6 anda bisa melihat output, Nilai awal output 100 ini adalah nilai sebelum masuk ke procedure.

tambah(a) ;
Kode diatas adalah kode pemanggilan sebuah procedure.

Setelah masuk procedure dan di proses didalam procedure maka nilai akan berubah bertambah menjadi 110  dikarenakan di tambah 10 didalam procedure.

Output ketiga menampilkan 100 kembali ini yang di maksud dengan nilai awal di copy dan tidak mereferensi nilai awal jadi nilainya tetap 100 ketika di panggil kembali.

Melewatkan Data By Reference

Pada cara ini melewatkan nilai by reference adalah data awal nilai tidak di copy. tetapi variabel formal langsung mereference atau mengacu pada alamat asli sebuah varibel. Jika anda lupa tentang variabel formal dan actual scrool keatas lagi karena kita sudah membahasnya di atas, Untuk contoh visual bisa melihat gambar di bawah ini.

Melewatkan Data By Reference
Gambar 7 : Melewatkan Data By Reference
Dari gambar 7 diatas nilai yang dilewatkan menggunakan cara by reference. Nilai i awal adalah 50 ketika masuk procedure berubah menjadi 55 karena di tambah 5 dan hasilnya output menjadi 55.

Sedangkan jika anda menggunakan varibel i kembali maka nilai data awal sudah berubah menjadi 55 bukan lagi 55 karena parameter formal mengacu ke kememori alamat asal.

Agar lebih jelas perhatikan kode program pascal sederhana di bawah ini agar anda menjadi mudeng dan gak dablek lagi, biar masuk di otak ya sob.


Program Pascal Melewatkan Data By Reference
Gambar 8 : Program Pascal Melewatkan Data By Reference
Dari kode diatas dapat dilihat pebedaan cara melewatkan data by value dan by reference. dimana melewatkan data by reference dalam pascal menggunakan kata kunci VAR. berarti jika ada kode var didalam procedure berarti anda melewatkan data by reference .   Bisa dilihat di program diatas penggunaan kata kunci var.

Tiga output pertama  melewatkan data by value pada variabel a hal ini sudah di jelaskan di atas scrool lagi ke atas sedikit.

Pada output ketiga selanjutnya bisa anda lihat bahwa data awal adalah b ( 5 ) di buktikan pada baris kode dibawah ini :

writeln('nilai b sebelum pemanggilan by reference : ', b) ; { nilai output 5 }
Dan ketika masuk procedure berubah menjadi b (7) di buktikan baris kode dibawah berikut ini;


tmbhsaturef ( b ); { terjadi proses pertambahan di dalam procedure }

Kode diatas adalah kode pemanggilan procedure dimana output yang keluar adalah 7.

writeln('nilai b setelah pemanggilan by reference : ', b) ; { nilai output 7 } 
Dan kode terakhir akan memanggil nilai b yang dimana nilai data didalam b telah berubah pula, Hal inilah yang dinyatakan bahwa parameter formal mereferensi alamat memori bukan mencopy sehingga data variabel juga ikut berubah setelah proses procedure.

Dan setelah ini kita kan membahas tentang parameter ya sob jadi gak usah bingung tentang apa itu paramater ?

Parameter Masukan, Keluaran Serta Gabungan Masukan Dan Keluaran

Parameter didalam program adalah mekanisme pertukaran data  atau informasi yang di lewatkan melalui  variabel formal ( variabel yang berada di subprogram baik itu procedure / function. Lebih jelasnya nanti kita contohkan dengan program sederhana menggunakan pascal.


Menggunakan paramater didalam pascal ada 3 mekanisme pertukaran data atau informasi yaitu sebagai berikut :

Parameter Input / Masukan

Parameter masukan ( input ) merupakan parameter formal yang data atau nilainya berlaku sebagai inputan kedalam subprogram. Contoh penggunaan didalam program :

Program Parameter input / masukan
Gambar 9 : Program Parameter input / masukan

Pada gambar ( 9 ) diatas adalah contoh menggunakan parameter dengan menggunakan tipe subprogram function ( function akan di bahas setelah bab procedure ).

Function jumlahkan(x,y:integer) : integer ;
Sebuah function yang diberi inisial jumlahkan mempunyai dua buah parameter yaitu variabel X dan Y, variabel ini di sebut sebagai parameter inputan / masukan.

Dan jika kalian lihat ada dua buah tipe data di bagian paramater  tipe data pertama yang berada didalam kurung adalah tipe data parameter masukan

Dan tipe data kedua yang berada di luar kurung dalah tiped data untuk hasil / ouput yang keluar dari proses subprogram jumlahkan

Didalam function sendiri ada kata kunci begin dan end  dimana didalam blok tersebut terdapat proses penjumlahan  

jumlahkan := X + Y ;

Kode tersebut mempunyai nilai yang di tampung nya. Dari mana nilainya ? . Nilainya berasal dari parameter actual ( jika lupa apa itu parameter actual scroll lagi keatas  sedikit ya ).

Pada baris berikutnya ada

a:= 100;
b:= 200 ;

ini adalah proses asignment ( memasukan data kedalam variabel a dan b ).

Kemudian dengan memanggil function jumlahkan, nilai yang berada didalam variabel a dan b akan dimaniplasi di dalam function jumlahkan  dimana hasil dari proses tersebut akan di simpan di variabel jumlahkan yang bertipe data integer 

Kemudian kita lihat pada baris berikutnya ada kode seperti dibawah ini

hasil := jumlahkan(a,b);

disini a dan b sebagai parameter actual. Untuk mendapatkan nilai hasil kita memanipulasinya dengan memasukan kedalam variabel hasil sebagai penampung data hasil proses function tersebut.

Unutk mencetalk nilai yang tertampung dalam variabel hasil maka perintah  

writeln( ' hasil  =  ', hasil );

Perintah diatas tersebut akan mencetak nilai aoutput hasil = 300. Semoga ini akan memudahkan teman teman memahaminya, Agar lebih paham lagi cobalah praktekan program tentang penggunaan parameter tesebut.

Paramater Output / Keluaran

Parameter ini berfungsi sebagai penampung nilai hasil proses yang dilakukan sebuah Subprogram. Berbeda dengan parameter masukan yang dilewatkan berdasarkan nilai, parameter keluaran biasanya dilewatkan berdasarkan reference .

Lihatlah Gambar Contoh Di bawah ini :

Program Pascal Parameter output /Keluaran
Gambar 10 : Program Pascal Parameter output /Keluaran

Baiklah bila tema teman lihat gambar 10 ada sebuha program pascal mencontohkan tentang apa itu paramater keluaran . sebuah subprogrma yang di beri nama kali mempunyai parameter sebagai berikut Paramater X dan Y sebagai paramater input / masukan dan variabel hasil sebagai parameter output / keluaran.

Dan jika kita melihat pada baris blok program utama ada kode :

kali ( a,b,c) ; { a,b,c adalah parameter actual }

Disini c dijadikan paramater output. Jika teman taman lihat ada kata kunci VAR ( pasing by reference ) berarti hasil akan mereferensi pada alamat memori variabel  c ( jika lupa scroll lagi keatas sudah di di bahas )

Sehingga saat variabel c dipanggil kembali pada baris kode

writeln ( ' nilai c = ', c ) ;

 Nilai data didalam c akan ikut berubah seperti yang di tampilkan output program diatas nilai c = 500.

Parameter Masukan Sekaligus Keluaran (Input dan output)

Parameter ini disebut juga parameter inpuut dan output, karena fungsinya yang dapat berperan sebagai parameter input sekaligus output.

Simpelnya nilai yang terkandung di dalamnya akan berperan sebgai data inputan yang akan di proses di procedure atau function.

Setelah di proses oleh subprogram hasilny akan di tampung kembali oleh subprogram tersebut

Contoh program sederhana menggunakan pascal :

Parameter Sebagai Masukan Dan Keluaran
Gambar 11 : Parameter Sebagai Masukan Dan Keluaran


Jika dilihat dari gambar ( 11 ) program di atas kita melihat sebuah subprogram procedure tambahsatu  mempunyai hanya sebuah variabel X dengan tipe data integer

Varibel X inilah yang akan digunakan sebagai penampung data yang di kirim dari parameter actual pada sata proses ini variabel  sebagai paramater input.

Parameter X juga berfungsi sebagai paramater output yang menampung data dimana artinya data yang sudah di proses di dalam rutin / subprogram .

Pada umumnya cara jenis ini menggunakan pasing by refrence karena data awal juga harus berubah ketika di panggil kembali oleh proses yang lain. hal ini ditandai dengan adanya kata kunci VAR pada paramter tersebut.

Nah teman teman semoga tulisan dapat membantu teman teman memahami tentang penggunaan procedure dan  bab tentang function akan di bahas setelah ini mhn dan bila ada koreksi dan kesalahan silahkan komentar atau menghubungi email di web ini. karena admin pun menyadari masih banyak kesalahan dan kekurangan yang harus di perbaiki terimakasih - ilmuit.id 

Reference :
Munir, R. Algoritma & Pemrograman Dalam Bahasa Pascal Dan C. Bandung : Informatika. 2007.
Raharjo, B. Teknik Pemrograman Pascal Revisi Ke tiga. Bandung : Informatika. 2010.
Ramadhani, C. Dasar Algoritma & Struktur Data Dengan Bahasa Java. Yogyakarta : Cv Andi Offset. 2015

No comments for "Algoritma 2 : Pengertian Procedure Dan Penerapan Dalam Bahasa Pascal"