Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cacing Bernafas Dengan Menggunakan Apa ? Cari tau jawabanya disini

Cacing Bernafas Dengan Menggunakan Apa ? Cari tau jawabanya disini

ilmuit.id - Tahukah kamu apa yang dihirup cacing? Sistem pernapasan pada cacing sangat unik, seperti halnya kita atau semua hewan tidak bernapas melalui paru-paru dan tidak seperti manusia yang bernapas melalui paru-paru, cacing bernapas melalui kulit.

Cari tau jawabanya  ? Ayo Baca, Lihat dan Ketahui!

Jenis cacing yang paling umum adalah cacing tanah. Sesuai dengan namanya, invertebrata ini hidup di bawah tanah.

Bentuknya memanjang dan terbagi menjadi beberapa bagian. Pada bagian tersebut terdapat beberapa pasang setae. Apa itu setae? Sederhananya, rambut lengket, dalam hal ini, melekat pada cacing tanah.

SETAE ALAT PERNAFASAN PADA CACING
Sumber Pic : wikipedia


Ya, Cacing Tanah memiliki fungsi khusus. Tapi perbedaannya tidak berhenti sampai di situ, kawan. Sistem pernapasan pada cacing tanah unik karena terdapat pada kulit.


Bernapas di kulit

Bagaimana kulit bisa menjadi alat pernapasan? Cacing memiliki lapisan tipis yang disebut kutikula.

Potongannya selalu basah dan lembab. Makanya kulit cacing tanah selalu basah sob. Nah, cacing tanah bernafas di lapisan ini.

Lapisan ini dapat “menyerap” oksigen di dalam tanah, sehingga masuk ke pembuluh darah cacing. Oksigen didistribusikan ke seluruh tubuh setelah memasuki arteri.

Optimalisasi lingkungan

Mengapa cacing tanah bernafas di kulit? Ini adalah semacam optimasi lingkungan.

Habitat cacing tanah adalah di dalam tanah. Karena itu, bernapas di kulit jauh lebih baik dengan respirator khusus. Contohnya adalah saluran udara, paru-paru, dan saluran udara.

Oksigen dapat masuk ke aliran darah langsung melalui kulit.

Oh iya, cacing lain punya sistem pernapasan yang sama lho. Ini termasuk cacing bulat, cacing dan kail.


Makanan cacing tanah

Pada malam hari cacing keluar dari tanah dan mengambil daun yang jatuh dari pohon, dan daun tersebut disimpan di sarang dan lunak untuk dimakan. Selain daun, cacing suka memakan akar tanaman yang busuk.

Cacing suka memakan makhluk kecil. Misalnya, nematoda, protozoa, spora, dan bakteri ditemukan di tanah. Oh ya, cacing juga suka memakan jamur di dalam tanah.

Berapa banyak cacing yang bisa memakan sesuatu?

Pada siang hari, cacing bisa makan hingga sepertiga. Makanan yang dimakan cacing keluar seperti kotoran. Cacing ini tumbuh subur di tanah di sekitarnya, sehingga tanah yang banyak cacingnya menjadi subur.

Mencari makan pada  malam hari ?

Padahal, cacing selalu membutuhkan makanan. Namun, mereka lebih suka hanya daun yang berserakan di tanah pada malam hari.

Jika mereka memetik daun di siang hari, tubuh mereka bisa menjadi kering. Jika mereka keluar pada siang hari, mereka lebih mungkin untuk diburu.

Oh ya, cacing tanah tidak bisa makan lemon dan sejenisnya. Nutrisi dalam buah jeruk dapat menyebabkan cacing mati.

Nah sob, informasi ini untuk informasi cacing bernafas dengan apa , Sekarang  kawan tidak  tidak perlu khawatir lagi kareana sudah tau jawabannya terlebih dahulu . Jiak pertanyaan ini muncul di soal ulangan kalian nantiakn update terbaru lainya ilmuit.id

Post a Comment for "Cacing Bernafas Dengan Menggunakan Apa ? Cari tau jawabanya disini "