Widget HTML Atas

Tutorial Belajar HTML Dasar untuk Pemula

ilmuit.id – Tutorial belajar HTML dasar untuk pemula, Pada kesempatan kali ini, ilmut.id akan membahas sesuatu yang merupakan dasar dari sebuah halaman website yaitu HTML. Semakin majunya teknologi kita dituntut untuk mengikuti perkembangannya juga. Dulu kita sering sekali membeli Koran untuk mengetahui berita terbaru, tetapi setelah perkembangan teknologi yang semakin maju, Koran sangat jarang kita temui sebab perusahaan berita mengikuti perkembangan teknologi. Kini, perusahaan berita menggunakan website untuk menyalurkan berita mereka, dan kita dapat membaca berita tersebut dengan mudah dan cepat di sebuah website. 


Tutorial Belajar HTML Dasar untuk Pemula

Pengertian HTML

Hypertext Markup Language atau HTML adalah bahasa markah standar untuk dokumen yang dirancang untuk ditampilkan di peramban internet. HTML memungkinkan kita untuk membuat sebuah halam website, walaupun nantinya akan ada tambahan lain seperti css, javascript, php, dll. HTML merupakan dasar dari semuanya dan menjadi kaharusan untuk mempelajari HTML jika anda ingin membuat sebuah website.

HTML bukanlah bahasa pemrograman (programming language). Dalam HTML tidak terdapat struktur yang biasanya terdapat dalam bahasa pemrograman seperti variable, tipe data, loop, dll. Dalam HTML kita akan sering berjumpa dengan yang namanya tag. tag merupakan sebuah sebuah tanda (mark) yang di gunakan HTML dalam mengelola konten halaman website. Inilah kenapa HTML disebut sebagai Markup Language.


Persiapan Belajar
Jika anda penasaran seperti apa bentuk HTML, ada dapat mengecek-nya pada halaman ini. Dengan cara klik kanan kemudian inspect.

Dari gambar di atas anda dapat melihat beberapa kata yang diapit oleh kurung siku “< >”. Kata yang diapit oleh kurung siku tersebut merupakan sebuah tag HTML, contohnya seperti <html>, <head>, <body>.

Sebelum melanjutkan pembahan tentang Tutorial belajar HTML, ada baiknya kita mempersiapkan beberapa hal berikut ini.
1.    Web browser
2.    Text editor


Web Browser
Menurut Wikipedia, web browser (penelusur web) adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk menerima dan menyajikan sumber informasi dari Internet. Informasi yang akan disajikan tersebut salah satunya disajikan dalam format HTML.

Dengan menggunakan HTML kita dapat menyajikan sebuah informasi ke web browser. Untuk web browser sendiri, anda bebas menggunakan yang mana saja, asalkan menggunakan versi terbaru dari web browser tersebut dan sesuai dengan perangkat yang anda gunakan. Berikut beberapa daftar web 

 


Browser :
1.Chrome
2.Firefox
3.Safari
4.Internet explorer
5.Opera

Text Editor
Text editor merupakan software yang akan memudahkan anda untuk menulis sebuah kode pogram. Pada dasarnya HTML hanyalah teks biasa yang di tulis dengan kode-kode khusus yang telah ditentukan. Web browser-lah yang akan mengubah/mengelola kode yang telah kita tulis menjadi sebuah halamn web.

Sebenarnya kita dapat menggunakan software notepad biasa untuk menulis kode pemrograman. Hanya saja kita akan menghabiskan lebih banyak waktu dari pada menggunakan text editor serta kita akan kesulitan dalam membaca kode program tersebut. Jadi, pada tutorial kali ini saya akan menggunakan text editor (Sublime Text 3).

Berikut beberapa text editor yang dapat anda gunakan :
1.Sublime Text
2.Notepad ++
3.Komodo Edit
4.Visual Studio Code

 

Peran HTML dalam Website

Setelah mempersiapkan bahan diatas, anda sudah siap untuk mengikuti Tutorial Belajar HTML Dasar untuk Pemula. Tapi sebelum itu saya akan memberitahukan anda posisi atau peran HTML dalam sebuah halaman website. Silahkan perhatikan gambar berikut ini
 
Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, HTML di gambarkan sebagai kerangka manusia. Anda dapat membayangkan bagaimana manusia tanpa kerangka?. Begitu pula dengan sebuah halaman website tanpa adanya HTML. Seperti yang saya katakan sebelumya, anda membutuhkan HTML dalam membuat sebuah halaman website.

Image :  Iternet

Kemudian ada Javascript yang berperan sebagai otot manusia. Silahkan anda bayangkan lagi, bagaimana manusia tanpa adanya otot?. Tentunya manusia tidak dapat menggerakan kerangkanya. Hal serupa terjadi untuk halaman website, website akan sangat kaku dengan tidak adanya Javascript.

Terakhir anda dapat melihat manusia lengkap (kerangka, otot, kulit) yang menarik untuk dilihat. Sekali lagi bayangkan manusia tanpa kulit?. Tentunya akan sangat tidak menarik bahkan akan menakutkan untuk dilihat. Dalam HTML, css berperan sebagai kulit, dimana css akan berperan dalam mempercantik sebuah halaman website.

Saya rasa perkenalannya cukup, selanjutnya kita akan memulai Tutorial Belajar HTML Dasar untuk Pemula. - ilmuit.id

Writer : Riski Rahmat H