Perulangan Repeat Until Dalam Pascal

ilmuit.id - Setelah mempelajari perulanga menggunakan FOR DO dan WHILE DO pada bab bab sebelumnya  perulangan pada pascal berikutnya yang akan kita pelajari berikutnya adalah perulangan menggunakan REPEAT UNTIL perulangan ini hampir sama seperti perulangan WHILE DO. hanya saja jenis perulangan ini akan terus berjalan jika hasil dari kondisi bernilai false dan akan baru berhenti ketika bernilai true.

Bedanya perulangan REPEAT UNTIL pengecekan kondisinya ada di akhir.

Format Penulisan Repeat Until :

REPEAT
begin
       ( kode program yang diulang )
         ...
       ( kode program  mengubah condition.)
end;
UNTIL (condition )

perbedaan perulangan Repeat Until dengan perulangan For Do dan While Do adalah jika kita menggunakan perulangan Repeat Until pengecekan kondisi ada di akhir sehingga perulangan akan berjalan minimal sekali walaupun kondisi tidak terpenuhi contohnya seperti gamabr di bawah ini :


Gambar diatas menunjukan diman ajika inisialisasi nilai ( i ) diawal di isi dengan nilai 11 maka jika kita melihat kondisi dimana until i >= 10 ; maka hasil pemeriksaan kondisi menyatakan bahwa nilai kondisi sudah terpenuhi / true,  oleh program akan berhenti dikarenakan nilai 11 sudah lebih besar dari 10.

Perbedaan repeat dengan struktur lainya adalah program akan mengeksekusi minimal sekali walaupun kondisi sudah terpenuhi seperti contoh gambar diatas.

Contoh Kode Program Perulangan REPEAT UNTIL Dalam Pascal

Contoh Kode Program Perulangan REPEAT UNTIL Dalam Pascal

Jika melihat contoh program repeat until di atas maka kita akan melihat jenis perulangan ini sama dengan perulangan while do hanya jika perluangan pascal mengugnakan while do pengecekan kondisi berada di awal 

Tetapi jika menggunakan perulangan repeat pengecekan kondisi ada di akhir yaitu pada baris 
until i = 10 ; 

Oleh karena itu jika inisialisasi nilai i di awal sudah salah misal di kasih nilai i = 11 ; maka eksekusi pada blok begin dan end minimal akan berjalan sekali.


Program Contoh Repeat Until Menampilkan Iterasi dalam setiap perulangan :

Program Contoh Repeat Until Menampilkan Iterasi dalam setiap perulangan :


Contoh program diatas menampilkan nilai iterasi variabel ( i ) agar kelihatan nilai perulanganya

writeln ( ' perulangan ke = ' , i , ' helo world' ) ;

Dengan menampilkan nilai kita akan menjadi paham urutan perluangan saat berjalan / saat di eksekusi

Contoh program repeat untul deret kelipatan :



Dari gamabr program diatas kita akan melihat untuk membuta atau menampilkan suatu bilangan yang berkelipatan 0, 3, 6, 9, 12, 15, 18  kita memerlukan sedikit modifikasi di kode pengubah atau kode counter yang tadinya hanya i := 1 + 1 ; kita ubah menjadi i := i + 3 ; dengan kode seperti ini counter akan menambah nilai setiap iterasi dengan nilai 3 misal

jika nilai i langsung di kasih nilai tampilanya akana seperti ini  contoh di bawah ini adalah proses kode yagn berjalan di kod e counter :

nilai awal yang di tampilkan  ,  0  { karena diawal blm masuk perulangan }

perulangan 1 ,  3 := 0 + 3 ;

perulangan 2 : 6 := 3 + 3 ;

perulangan 3 : 9 := 6 + 3 ;

perulangan 4 : 12 := 9 + 3 ;

perulangan 5 : 15 := 12 + 3 ;

perulangan 6  : 18 := 15 + 3 ;

perulangan 7 : 21 := 18 + 3 ; { nilai tidak di tampilkan karena kondisi sudah bernilai true sehingga perulangan akan terhenti  }.

Teman teman semua sementara itu pembahasan kita cuma sampai disini nantikan lagi tutorial pascal di blog ini ya dukungan kalian akan membuat blog ini terus berkarya dan semoga dapat membagikan ilmu yang  bermanfaat bagi kita semua amin 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel