Widget HTML Atas

Perulangan Pascal Menggunakan Konstruksi FOR - TO - DO Dan DOWNTO

ilmuit.id - Perulangan dalam pascal merupakan konsep pengeksekusian suatu blok perulangan yang dilakukan secara terus menerus atau berulang kali  sampai dengan kondisi yang telah di tentukan, Kenapa hal ini di perlukan ?. karena didalam pemrograman kita dapat membuat efisien kode yang akan sering di eksekusi berualang kali tanpa harus menuliskanya kembali.

didalam pemrograman pascal kita dapat mengunakan tiga konstruksi  yaitu , FOR-TO-DO , WHILE  dan REPEAT UNTIL perulangan yang pertama kita  akan bahas adalah perulangan menggunakan for-to-do.

Format Penulisan FOR - TO - DO :

FOR variabel_counter ) := ( nilai_awal ) TOnilai_akhir ) DO
begin
  (kode program yang ingin diulang disini...)
end;

Penjelasan :
variabel_counter adalah variabel berisi nilai awal yang berfungsi sebagai counter, atau penghitung di dalam perulangan. Variabel ini secara otomatis akan menaik dari nilai_awal hingga nilai_akhir. 
Dalam setiap kenaikan, blok kode program yang berada di dalam begin dan end; akan dijalankan. variabel_counter ini bisa digunakan sepanjang perulangan (jika diperlukan).

Agar lebih jelas manfaat tentang perulangan yang akan kita pelajari anda bisa melihat kode program di bawah ini :

perulangan manual

Dari gambar program diatas kita dapat saja mencetak berulang kali kata " kata yang di ulang 1000 X " dengan cara tersebut sampai sini kita tidak akan kerepotan dalam menuliskan kodenya tetapi jika kita harus mencetak kata tersebut sampai 2000 - 100.000  kali tentunya jari anda akan dibuatnya menjadi keriting ( :V ). dan kode yang anda tulis akan sangat panjang dan tidak efisien.

dari hal tersebutlah kita memerlukan cara yang lebih mudah untuk melakukan perulangan tanpa harus bersusah payah menuliskan kode yang sangat panjang tetapi dengan hasil yang sama seperti contoh di bawah ini :

Perulangan FOR - TO - DO :

Untuk membuat program perulangan yagn mencetak kata " kata yang di ulang 100 x " sebanyak 20 kalii, saya menggunakan perintah for i := 1  to 20 do begin 

Ini bisa kita terjemahkan atau pahami sebagai berikut “Untuk variabel i, jalankan perulangan mulai dari 1 hingga 20 kali .

Apa yang diulang ? ? ?

Yang diulang adalah blok program yang diawali perintah begin dan end;. Di dalam blok for  ini saya membuat sebuah perintah:  writeln(‘ kata yang di ulang 1000 x’). kalimat  "kata yang di ulang 1000 x" inilah yang akan di cetak berulang kali 


program menggunakan for to do


Dari kode program diatas mencetak sebanyak 20 X sebenarnya bisa sampai 1000 X jika teman teman mau mencobanya silakan merubah kodenya sebagai berikut FOR i = 1 to 1000 begin; maka program akan mencetak sebanyak 1000 kali

kita dapat melihat perbedaan penggunaan kode yang sangat berbeda hanya dengan beberapa baris kode menggunakan konstruksi FOR- TO - DO kita dapat mencetak kalimat " kata yang di ulang 1000 X " sebanyak 20 X  secara mudah tanpa membuat jari anda keriting. 

Dari program diatas mempunyai penjelasan sebagai berikut :

pada saat program berjalan program akan memeriksa nilai yang berada pada variabel counter ( i ) dan akan menaik seiring dengan eksekusi yang di lakukan program disini saya akan langsung mengganti variabel i dengan angka dan angka i berubah setiap kali selesai mengeksekusi, Agar teman teman mudah untuk memahaminya

Perulangan ke 1
for 1 := 1 to 20 do begin 
Output : 
kata yang di ulang 1000X

Perulangan ke 2
for 2 := 1 to 20 do begin 
Output : 
kata yang di ulang 1000X
kata yang di ulang 1000X

Perulangan ke 3
for 3 := 1 to 20 do begin 
Output : 
kata yang di ulang 1000X
kata yang di ulang 1000X
kata yang di ulang 1000X

Perulangan ke 4
for 4 := 1 to 20 do begin 
Output : 
kata yang di ulang 1000X
kata yang di ulang 1000X
kata yang di ulang 1000X
kata yang di ulang 1000X

Perulangan ke 5
for 5 := 1 to 20 do begin 
Output : 
kata yang di ulang 1000X
kata yang di ulang 1000X
kata yang di ulang 1000X
kata yang di ulang 1000X
kata yang di ulang 1000X

... DST sampai 20 X

Nah apakah teman teman sudah memahami konsep perulangan menggunakan for sampai sini .


Program Perulangan Perkalian Sederhana

Agar lebih memahami konsep perulangan akan di berikan contoh program perkalian sederhana dengan menggunakan program pascal :

program for_do3_perkalian;
uses crt;
var
        i,nilai:integer;
begin
clrscr;
        writeln('program perkalian sederhana');
        writeln('menggunakan konsep perulangan');

        write('masukan angka perkalian : ');
        readln(nilai);
        for i := 1 to 10 do
        begin
                writeln(i,' x ',nilai,' = ',i * nilai);
        end;
        readln;
end.

Kode program diatas bilah di jalankan adalah sebagai berikut :

program perkalian sederhana menggunakan for

Penjelasan dari program diatas adalah mencetak perkalian sederhana dimana varibael counter ( i ) akan mencetak angka dari 1 .. 10 dan variabel nilai akan mencetak angka 2 , angka dua ini adalah didapat dari inputan memalui keyboard yang di simpan kedalama variabel nilai. sehingga nilai menyimpan nilai 2 didalamya.

writeln( i ,’ x ‘, angka ,’ = ‘, i * nilai) agar variabel angka di proses sebagai bilangan pengali.

Disni hasil perkalian didapatkan dari exspresi  i * nilai maka kita akan mendapatkan hasil perkalianya

Selanjut mungkin anda akan lebih bisa mengembangkan  program perkalian tetapi inputanya lebih dinamis dan interaktif sehingga akan menambah pemahaman kita dalam menggunakan perulangan for misalnya kita akan membuat perulangan perkalian inputanya berasal dari keyboard misal 10 X 1, 10 x 2 , 10 x 3 .. dlll

Perulangan Dengan Angka Negatif untuk FOR DO

Dalam perulangan pascal , kita juga dapat melakukan perulangan negatif,  selama nilai awal harus lebih besar daripada nilai akhir :


perulangan for angka minus


Dari contoh gambar diatas perulangan dapt dilakukan karena nailia variabel awala i := -10,  dimana angka 0 mempunyai nilai yang lebih besar dari angka minus oleh  karena itu perulangan tetap dapat dilakukan

Perulangan FOR Mundur ( FOR DOWNTO )

Sebelumnya kita dapat menggunakan perulangan mundur menggunakan FOR TO DO  bagaimanakah jika angka yang akan kita lakukan perulangan bernilai positif seperti dibawah ini


Perulangan FOR Mundur ( FOR DOWNTO )

Jika dilihat dari program diatas hasil output tidak menunjukan hasil apa apa.

Kenapa tidak ada output sementara program tidak mengalamai kesalahan 

kenapa ?

Jawaban :
di dalam PASCAL kita tidak bisa melakukan hitung mundur dengan perulangan FOR DO, tapi harus menggunakan perulangan FOR DONWTO DO.

Perulangan FOR DOWNTO pada dasarnya sangat mirip dengan perulangan FOR DO, bedanya  perulangan kali ini khusus untuk perulangan yang menurun, dari angka besar ke angka kecil.

Berikut format penulisannya:

FOR (variabel_counter) := (nilai_awal) DOWNTO (nilai_akhir) DO
begin
      (kode program yang ingin diulang disini...) ;
end;



perulangan FOR TO DO dilakukan jika angka kondisi  positif  dari kecil ke besar, tetapi kali ini jika angka positif dari besar ke kecil  kita menggunakan keyword DOWNTO sebagai pengganti TO. Mari kita lihat contoh kode programnya.


perulangan for downto

Dilihat dari gambar diatas variabel  ( i ) bernilai 20  dengan menggunakan keyword downto maka perulangan akan dapat di jalankan.

Output :

20 X 2 ( 2 berasal dari inputan ) = 40
19 X 2 ( 2 berasal dari inputan ) = 38
18 X 2 ( 2 berasal dari inputan ) = 36
17 X 2 ( 2 berasal dari inputan ) = 44
....
1 X 2 ( 2 berasal dari inputan ) = 2

***
Perulangan FOR DO dan FOR DOWNTO DO yang kita  bahas  akan sangat tepat digunakan  untuk

Kondisi dimana kita sudah tahu berapa banyak perulangan yang ingin dijalankan.

Dalam FOR DO, nilai awal perulangan dan nilai akhir sudah harus ditulis di awal kode program.

Untuk situasi dimana jumlah perulangan belum bisa dipastikan, kita bisa menggunakan perulangan WHILE DO atau REPEAT UNTIL.
*** 
Nah teman teman semoga artikel diatas dapat bermanfaat buat teman teman yang sedan gbelajar pemrograman dasar dengan menggunakan bahas pascal terimakasih - ilmuit.id