Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Mudah Belajar Coding Tanpa Background IT

Ilmuit.id -  Bagi kalian lulusan SMK ? Tertarik menjadi mahasiswa jurusan IT ? Atau tertarik dengan prospek kerja dalam bidang IT ?, kalian wajib membaca artikel ini

Coding adalah kegiatan pembelajaran yang berhubungan dengan dasar pembuatan program. Sedangkan pemprograman adalah aktifitas atau Langkah-langkah yang diberikan oleh user kepada computer menggunakan bahasa atau karakter-karakter yang dimengerti oleh computer kemudian dijalankan. 

Tips Mudah Belajar Coding Tanpa Background IT


Tidak usah berlama-lama lagi, yuk kita simak pembahasan saya kali ini. 

Baca Juga : 10 Situs Download Ebook Gratis Indonesia dan Inggris Pdf


Tips Mudah Belajar Coding  


1. Positif Thinking Bahwa Pemprograman mudah.

Pemikiran sangat berpengaruh dalam pembelajaran, kenapa ? karna semua aktifitas berhubungan dengan mindset yang kita bentuk sejak awal. Jika kalian masuk jurusan IT hanya karna ikut-ikutan teman atau karna suruhan orang tua, kata yang cocok utuk kalian adalah buatlah diri kalian tertarik, nyaman dan enjoy dengan semua pembelajaran. Jika kalian merasa kesulitan bukalah medsos dan kalian cari perusahaan mana yang tidak menggunakan ilmu IT ??

2. Semangat dengan Tujuan.

Semangat tanpa tujuan yang jelas adalah rasa malasmu, tujuan kalian ingin menjadi programmer tetapi tidak yang kalian lakukan hanya kata NANTI . Kejarlah tujuanmu, semangat, Love youself dalam hal apapun dan jangan pernah menyerah dalam kesulitan apapun. Jika malas menghapiri , Ingatlah apa tujuan kalian? dan apa yang akan kalian dapat dari tujuanmu itu nanti dimasa depan.

3. Coding itu mudah.

Pasti semua terasa sulit bagi pemula, itu sangat wajar kalian alami. Hal pertama yang harus kalian kenali dan pelajari dalam jurusan informatika adalah dasar-dasar dalam bahasa pemprograman dan semuanya itu mudah karena dasarnya sama, hanya penulisannya saja yang berbeda. Jika dasar-dasar sudah mengakar kuat seperti semua Bahasa pemprograman akan mudah kamu pahami. Contonya dalam coding kalian bisa pelajari di ilmuit.id karna penjelasannya yang mudah untuk di pahami dan di praktekkan.

4. Berlatih dan Praktek selalu.

Berlatih sangat diperlukan dalam jurusan Informatika terutama coding karna itu akan membuat kalian terbiasa dalam segala Bahasa pemprograman. Praktek lebih diutamakan kemudian teori karena jika kalian terbiasa dengan teori tanpa praktek nilainya akan nol. Contonya ilmu coding, jika kalian mempunyai ilmu berbagilah dengan sesama karna dengan mengajarkan ilmu teori coding yang kalian dapat dengan praktek mengajarkan otomatis ilmu itu akan lebih kuat. Dan Jika kalian mengalami eror dalam pembelajaran coding jangan ragu untuk search di goggle dan bertanya pada ilmuit.id. 

5. Kreatif.

Dalam belajar pemprograman yang harus diutamakan adalah jangan menghafal script, terutama dalam coding, bukannya tidak boleh hanya saja kalian harus mengasah kemampuan dan kreatifitas kalian. Apa kalian bisa menghafal semua script yang kalian dapat dari dosen ? 

6. Prospek kerja Mahasiswa IT.

Diawal sudah saya jelaskan dan ini hal paling menarik untuk di bahas, prospek kerja seorang mahasiswa IT sangat banyak bahkan saat kalian baru masuk semester awal dan setelah kalian lulus. Salah satunya adalah menjadi seorang bloger di awal masuk kuliah dan setelah lulus kalian bisa menjadi pendiri perusahaan bloger kalian sendiri. Dan hal menarik lainnya adalah mahasiswa IT tidak membutuhkan tempat untuk mereka mendirikan suatu perusahaan seperti ruko karna sekarang tidak banyak yang menggunakan rumah mereka sebagai perusahaan.Terutama dalam masa pandemi Covid 19 semua pekerjaan hanya membutuhkna 2 hal yaitu laptop dan kouta bahkan Pendidikan saat ini tidak lepas dari 2 hal itu. 


Sekian pembahasan saya tentang tips Mudah Belajar Coding Tanpa Background IT. Nantikan pembahasan saya seputat mahasiswa IT selanjutnya dan Semoga artikel ini bisa membatu kalian disaat senang dan sulit. Semangatlah dalam membaca dan Terima Kasih. - ilmuit.id

Writer : Revina Martin

Post a Comment for "Tips Mudah Belajar Coding Tanpa Background IT"